Wujudkan satu data Pusat dan Daerah, Operator Sekolah SD/SMP seKabupaten Alor ikuti Bimtek Pengelolaan Dapodik

Wujudkan satu data Pusat dan Daerah, Operator Sekolah SD/SMP seKabupaten Alor ikuti Bimtek Pengelolaan Dapodik

 

Kalabahi, TEROPONG ALOR – Sebagai upaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Alor melalui Dinas Pendidikan menggelar Bimtek (Bimbingan Teknis) Pengelolaan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Verifikasi dan Validasi Dapodik tingkat Kabupaten Alor (Pagi, 02/11).

Dengan melibatkan ratusan Operator Sekolah tingkat SD dan SMP seKabupaten Alor sebagai peserta, kegiatan Bimtek ini dipandu langsung oleh Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, dengan Narasumber Wisnu Broto, Dadan Hamdani serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Alor, Albert N.Ouwpoly, M.Si.

Bimtek ini bertujuan membangun pendidikan dengan mewujudkan satu data pusat dan daerah yang berkualitas. Lebih khusus, Bimtek ini juga bertujuan mewujudkan kualitas Dapodik yang lebih baik antara Pusat dan Daerah, meningkatkan peran dan fungsi kelembagaan dalam pendayagunaan Dapodik, serta menyamakan persepsi dan konsep dalam konsep pengelolaan dan penggunaan Dapodik di Pusat dan Daerah.

Bertempat di Aula Tara Miti Tomi Nuku Dinas Pendidikan Kabupaten Alor, kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Alor, Imran Duru, S.Pd.

Dalam sambutannya, Wabup Imran menyampaikan, keberhasilan otonomi daerah tergantung pada sektor pendidikan dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, yang sudah termuat dalam Program Gema Mandiri dengan Spirit Tancap Gas sebagai program Pemerintah Daerah Kabupaten Alor.

Terkait Dapodik, menurut Wabup Imran, Operator Sekolah memiliki peran yang penting dalam pengelolaan Dapodik. Mantan Pengawas Sekolah ini juga berharap, kiranya melalui kegiatan Bimtek Pengelolaan Dapodik, Verifikasi dan Validasi ini bisa menghasilkan Dapodik sesuai dengan kondisi ril dan akurat antara data Pusat dan Daerah. (ito)