SMK N Ampera dan Puskesmas Acil programkan layanan kesehatan berkelanjutan,, Deteksi dini ancaman PTM

SMK N Ampera dan Puskesmas Acil programkan layanan kesehatan berkelanjutan,, Deteksi dini ancaman PTM

Ampera, TEROPONG ALOR: Dalam rangka memperingati Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) tahun ini, Kementrian Pendidikan memprogramkan kegiatan pengembangan nilai-nilai karakter dan budaya yang sasaran utamanya yaitu percepatan pendidikan yang merata dan berkualitas, dan fokusnya didaerah 3T termasuk Alor.

Terkait hal ini, maka sebagai sekolah kesehatan, SMK N Ampera  yang berada di Desa Ampera Kecamatan Alor Barat Laut, memprogramkan kegiatan sosial berupa kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat. Kegiatan inipun terlaksana atas bekerja sama pihak SMK N Ampera dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Alor melalui Puskesmas Alor Kecil (Acil).

Selain melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, lewat kegiatan ini siswa-siswi SMK N Ampera bisa mengingkatkan ketrampilan mereka baik dalam pelayanan kesehatan dan pengobatan, dengan terlibat langsung bersama tim medis Puskesmas Alor Kecil melakukan pelayanan kesehatan masyarakat.

Kepala Sekolah SMK N Ampera, Drs. Moh. Baiher Kamahi, M.Pd kepada media ini menyampaikan niatnya untuk memprogram Kegiatan ini secara berkelanjutan, ” Kegiatan ini akan berkelanjutan, saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas agar diprogramkan secara bersama. Dan kegiatan berikutnya akan dilaksanakan di desa lainya yang masuk dalam wilayah pelayanan Puskesmas Alor Kecil “, katanya.

Bagi Kamahi, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan ketrampilan siswa dan bagi pendekatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

” dalam kegiatan kali ini, diadakan juga pelayanan pendeteksian kaker mulut rahim dan kaker payudara oleh tim medis dari Puskesmas Alor Kecil, sebab ini hal yang tabu bagi masyarakat, disisi lain kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri sangat rendah “, jelas Kamahi, disela kegiatan pelayanan kesehatan berlangsung, hari sabtu 29 April 2017.

Sedangkan Kepala UPT Puskesmas Alor Kecil, Susantje Y. Moldena menyampaikan, pelayanan kesehatan hari ini meliputi pelayanan kesehatan dasar yaitu pendeteksian Kanker payudara, hal ini dimaksudkan agar kaum perempuan baik usia remaja, usia dewasa dan langsia pun mampu mendekteksi gejala kanker payudara. Sedangkan untuk IVA merupakan pendeteksian dini gejala kanker mulut rahim, hal ini sangat penting, sebab salah satu pembunuh terbesar kaum perempuan yaitu kanker mulut rahim.

Ditambahkan, pelayanan hari ini juga merupakan upaya penjaringan pasien yang menderita penyakit Hipertensi, kolesterol, penyakit jantung. Penyakit tidak menular (PTM) seperti ini juga merupakan pembunuh terbesar manusia, ” jelas Moldena kepada media.

Disaksikan media ini, banyak masyarakat yang datang untuk mendapat pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di Kompleks SMK N Ampera. Memang, kegiatan ini difokuskan pada masyarakat dari tiga desa yang berdekatan yakni Desa Ampera, Desa Lewalu dan Desa Lefokisu, sebagai wilayah pelayanan Puskesmas Alor Kecil yang terbagi dalam delapan desa di Kecamatan Alor Barat Laut. (ito)

  • darwin mohala

    Kegiatan kerja sama yang di lakukan antara kedua instansi dalam menyongsong hardiknas ini sangat baik..dan perlu di apresiasi pada sekolah SMKN Ampera, bpk kepala sekolah Moh.Bazher Kamahi, M.Pd