Setiap tahun penerima beasiswa LPDP asal Alor menurun, ” Fala gelar libur cerdas belajar Toefl “

Setiap tahun penerima beasiswa LPDP asal Alor menurun, ” Fala gelar libur cerdas belajar Toefl “

 

Kalabahi, TEROPONG ALOR: Forum Awardee LPDP Alor (Fala) menggelar kegiatan libur cerdas belajar toefl (test of english as foreign language) bagi calon peserta yang akan mengikuti tes penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada bulan agustus mendatang yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana Bali.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 7-8 juni di Aula Kampus Untrib Kalabahi ini, diikuti oleh dua puluh empat peserta dengan sepuluh pesertanya berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Ketua Fala, Nehemia Fanpada kepada media menyampaikan, pembangunan suatu daerah sangat ditentukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM), dan kami yang tergabung dalam Fala merasakan bahwa beasiswa LPDP memiliki dampak yang sangat baik bagi peningkatan SDM anak-anak bangsa terutama yang berada di daerah 3T termasuk Alor.

Menurutnya, salah satu syarat utama untuk mendapatkan beasiswa LPDP ialah Toefl, untuk itu di waktu liburan ini Kami bersepakat menggelar latihan Toefl bagi saudara-saudara yang berniat melanjutkan studi melalui beasiswa LPDP.

” Toefl itu syarat utama, meskipun memiliki IPK besar tetapi skor Toefl rendah maka tidak lolos tes, dan standar skor Toefl adalah 450 bagi daerah 3T “, terang Fanpada saat dikonfirmasi media ini disela-sela kegiatan belajar tes toefl hari ini tanggal 8 juni 2017 di Kompleks Kampus Untrib.

Fanpada menjelaskan, LPDP merupakan lembaga pengelola dana pendidikan yang mengelola beasisiwa dan dinaungani oleh empat kementerian yakni kementrian keuangan, kementrian Pendidikan, kementrian Agama, serta kementerian riset dan tekhnologi.

” Sedangkan jadwal penerimaan pendaftaran LPDP Setiap satu tahun hanya satu kali pada bulan Februari. Batas usia maksimal bagi peserta tes beasiswa LPDP untuk S2 35 tahun dan S3 40 tahun, dengan minimal IPK untuk S2 IPK minimal 3,00 dan S3 IPK minimal 3,25 “, jelas dosen Untrib yang tengah melanjutkan studi S2 di Universitas Negeri Jakarta ini.

Ditambahkan Sekretaris Fala, Djou Padafani bahwa jumlah peserta LPDP asal Alor sejak 2013- 2017 sudah berjumlah 39 orang.

” Dan salah satu alasan utama yang memotivasi Fala mengelar kegiatan libur cerdas belajar Toefl ini sebab jumlah peserta penerima beasiswa LPDP asal Alor dari tahun ke tahun semakin menurun yaitu tahun 2013 sebanyak 13 orang, 2014 sebanyak 13 orang, tahun 2015 sebanyak 9 orang, tahun 2016 hanya sebanyak 2 orang dan pada tahun 2017 juga hanya sebanyak 2 orang, dan hal yang menjadi salah satu penyebab atau kendala ialah Toefl “, tambah Djou yang merupakan mahasiswa pasca sarjana di UGM. (ito)

  • Livy Taopan

    syalom. sekedar Klarifikasi pada kalimat baris ke 2 dan ke 3 : Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada bulan agustus mendatang yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana Bali. di ralat : Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementrian Keuangan RI. untuk tahun 2017 waktu seleksi untuk Dalam negeri dan Luar Negeri telah berakhir dan pendaftaran akan dibuka lagi tahun 2018. Sedangkan Universitas Tribuana Kalabahi Akan bekerja sama dengan UDAYANA BALI untuk mengadakan test TOEFL di UNTRIB pada tanggal 22 Juli 2017 mendatang. seruan untuk generasi muda Alor ayo raih beasiswa LPDP untuk masa depan yang lebih baik. Salam, Awardee LPDP, FALA