Sanggar pi di’ail SMANSA kebanggaan kita

Sanggar pi di’ail SMANSA kebanggaan kita

Kalabahi-TA: Sanggar seni Pi di’ail SMA Negeri 1 Kalabahi, terus menunjukkan prestasi gemilang dalam pementasan seni. Sanggar yang dibentuk tahun 2012 ini, menjadi tempat bagi siswa mengembangkan bakat seni serta mampu menampilkan karya seni budaya daerah.

Pelatih sanggar Deviana Polandina Jella, S.Pd yang ditemui Teropong Alor seusai penampilan sanggar ini dalam pelantikan Rektor Untrib (23/05) di Kompleks Gereja Pola Kalabahi.  Menjelaskan : Sanggar pi di’ail selalu dimintai tampil dalam acara pemerintahan dan acara non pemerintahan. Selain itu sanggar ini juga selalu tampil dalam kegiatan FLS2N tingkat Kabupaten. ” Pada tahun 2015 lalu, sanggar ini meraih juara pertama saat mewakili Kabupaten Alor dalam mengikuti Festival budaya lamaholot di lembata. Dan ditahun ini, sanggar Pi di’ail akan mengikuti jambore wisata di Ende. ” ujur Jella.

Sanggar pi di’ail, fokusnya pada pengembangan seni tarian tradisional, fashion show, musik tradisional dan teater. Harapan saya sebagai pelatih, sanggar pi di’ail bisa menjadi sanggar kebanggaan masyarakat Alor dengan terus menciptakan kreasi baru dan  budaya Alor semakin dikenal. Intinya budaya alor jangan mati. ” Tambah Jella. (Ito)