Putri Pariwisata ajak masyarakat Alor bersama membangun pariwisata,,biarkan Pemerintah jadi penonton

Putri Pariwisata ajak masyarakat Alor bersama membangun pariwisata,,biarkan Pemerintah jadi penonton

TA : Putri Pariwisata NTT, Rivani Bistolen mengakui kekagumannya terhadap potensi wisata yang berada diwilayah Kabupaten Alor. 

” Alor ini ibarat cewek cantik yang memiliki daya tarik, biarkan orang-orang yang datang mencarinya dan bukan dia yang mencari balik lagi “, ujarnya saat ditanya wartawan disela-sela kunjungannya ke Maukuru Kecamatan Alor Timur (22/11).

Menurut Vani (sapaan akrabnya), membangun pariwisata bukan hanya tanggung jawab Pemerintah, tetapi seluruh masyarakat Alor harus sadar wisata, sadar akan potensi wisatanya dan cinta akan budayanya, ” karena bila sudah cinta maka rasa untuk membangun akan muncul dengan sendirinya tanpa menunggu Pemerintah “.

Untuk pengembangan pariwisata, masyarakat bisa bekerja sama dengan Pemerintah, tetapi andaikan Pemerintah tidak merespon biarlah masyarakat bekerja bersama untuk membangun pariwisata.

semuakan sudah ada diberikan Tuhan, kita berharap Pemerintah melihat, tetapi bagaimana kalau kita berbuat satu gembrakan yang kalau dilihat Pemerintah bisa mengesal karena menyiakan tempat yang sebenarnya bagus untuk dikelola, ” biarkanlah Pemerintah jadi penonton kalau mereka tidak mau mendukung “, terang Vani.

Terkait pengembangan tempat wisata, Vani menyarankan agar masyarakat bisa meminta dukungan pihak swasta, ” pihak swasta hanya mendukung, dan yang mengelola harus masyarakat sekitar destinasi wisata agar pemasukannya kembali ke masyarakat, sebab tujuan promosi dan pengembangan pariwisata adalah memajukan kesejahteraan masyarakat sekitar destinasi “, jelas mantan pramugari ini. (Ito ta)