Pemprov NTT Gelar Event Nasional Kenalkan Pariwisata Pulau Sumba

Pemprov NTT Gelar Event Nasional Kenalkan Pariwisata Pulau Sumba

TA: UPAYA memperkenalkan objek pariwisata terus dilakukan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT). Setelah sukses dengan “tour the flores”, Pemprov NTT akan menggelar event skala nasional di Pulau Sumba. Serangkaian acarapun akan digelar untuk memperkenalkan wisata di Pulau Sumba, seperti festival tenun Sumba, festival kuda Sumba, serta lari dan tour sepeda di Sumba.

Keseriusan Pemprov NTT, dalam menyelenggarakan event ini pun ditunjukan  dengan dimulainya kerjasama dengan Kompas Gramedia yang telah dibahas dalam pertemuan pada Jumad, (16/9/16) pagi di Kantor Kompas Gramedia. Pertemuan ini dihadiri langsung Gubernur NTT Drs. Frans Lebu Raya dan CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama. Pertemuan tersebut untuk membahas terkait kerjasama dalam menyusun serangkaian acara untuk memperkenalkan pariwisata di Pulau Sumba.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya menyatakan, Sumba memiliki banyak potensi wisata seperti keindahan alam dan wisata budaya yang harus diperkenalkan ke tingkat nasional bahkan internasional. Oleh karenanya, perlu ada serangkaian acara yang sebagai sarana memperkenalkan wisata di Pulau Sumba.

Kerjasama inipun direspon positif oleh Kompas Gramedia yang telah berpengalaman dalam menyusun dan menyelenggarakan event skala nasional. Pemimpin Redaksi (Pemred) Harian Kompas Gramedia, Budiman Tanuredjo menyatakan, kegiatan yang nantinya akan diselenggarakan tidak hanya fokus pada satu aspek saja namun melibatkan semua aspek pariwisata di Pulau Sumba. Seperti Festival Tenun Sumba dan Festival Kuda Sumba. Selain itu, kata dia, ada kegiatan lari maraton serta tour sepeda Sumba yang melintasi sejumlah lokasi wisata di Pulau Sumba seperti daerah nihiwatu. “Ada pun kegiatan lain seperti talkshow dan seminar serta pameran dan lomba fotografi yang bertemakan Wisata Sumba. Semua kegiatan ini akan dilakukan secara bertahap untuk mengenalkan wisata Sumba dan menjadi daya tarik turis untuk datang ke Pulau Sumba,” ungkapnya.

Seperti diketahui, kerjasama Pemprov NTT dan Kompas Gramedia ini akan ditindaklanjuti ke masing masing kabupaten untuk membicarakan masalah teknis. Tidak hanya Pemprov dan Kabupaten, namun peran aktif masyarakat juga diperlukan untuk mensukseskan kegiatan guna memperkenalkan pariwisata Sumba dimata dunia. (Tim TA)