Inilah Hasil Pertemuan Pemkab Alor dengan Pihak Timor Leste

Inilah Hasil Pertemuan Pemkab Alor dengan Pihak Timor Leste

TA – KALABAHI: Apa hasil pertemuan Pemkab Alor dengan perwakilan pemerintah Timor Leste di Kalabahi kemarin? Banyak hal. Antara lain soal lintas batas antara RI dengan Timor Leste/

Bupati Alor, Amon Djobo dalam arahannya pada sosialisasi lintas batas RI-Timor Leste yang dilakukan di Aula Kopdit Citra Hidup Kalabahi menyatakan, Provinsi Tim-Tim setelah terlepas dari NKRI telah menjadikan NTT sebagai provinsi perbatasan.

“Dengan cakupan wilayah meliputi lima kabupaten yakni Belu, Malaka, TTU, TTS, Kupang dan Alor,” katanya.

Amon Djobo menyatakan, empat diantaranya adalah kabupaten perbatasan dan Alor adalah kabupaten berbatasan laut langsung dengan Timor Leste.

Dikatakannya, konsekwensi dari Tim-Tim berdiri sendiri memberikan peluang yang sangat strategis bagi proses pembangunan di NTT dan Kabupaten Alor.

“Kabupaten Alor ditetapkan sebagai salah satu Kabupaten Pusat Kegiatan Strategis Nasional,” ujarnya. Amon menyatakan, penyelesaian batas maritim antara RI dengan Timor Leste baik batas laut teritorial, batas landas kontinen maupun zona ekonomi eklusif (ZEE).

Hal tersebut masih harus menunggu penyelesaian batas darat karena pada dasarnya penyelesaian batas laut adalah kelanjutan dari penyelesaian batas darat. (joka)