Amon Djobo tak hadiri Sidang Perdata utang. ” INTINYA ADA KEJUJURAN “

Amon Djobo tak hadiri Sidang Perdata utang. ” INTINYA ADA KEJUJURAN “

 

 

Kalabahi, TEROPONG ALOR – Perkara Perdata yang dilaporkan Sunny Kamengmau terhadap Drs.Amon Djobo, hari ini (04/01) resmi digelar sidang perdata di Pengadilan Negeri Kalabahi.

Marthen Maure.SH, salah satu Kuasa Hukum Sunny Kamengmau yang ditemui di Kantor Pengadilan Negeri Kalabahi usai sidang, menyampaikan terima kasih kepada kepala pengadilan Negeri kalabahi dan jajaran yang telah menerima gugatan dan telah melangsungkan perkara dengan nomor 21/PDT.G/2017 PN.KLB pada hari ini.

Disampaikan Marthen Maure, SH, sesuai amanat hukum acara perdata, apabila tergugat tidak hadir maka juru sita keluar dari ruang sidang untuk memanggil tergugat sebanyak 3 kali dan itu telah dilakukan oleh pengadilan Negeri Kalabahi seperti tadi teman-teman pers telah melihat sendiri bahwa juru sita pengadilan Negeri Kalabahi telah memanggil sebanyak 3 kali.

Marthen Maure.SH juga mengatakan bahwa dirinya bersama kliennya juga dipanggil maka hari ini dirinya memenuhi panggilan. Pengadilan sebagai tempat untuk masyarakat mencari keadilan dan kebenaran, karena itu siapapun yang dipanggil wajib hukumnya untuk hadir karena Negara kita Negara Hukum, bukan Negara politik atau Negara kekuasaan sehingga kita wajib taat, kemudian soal benar atau salah itu urusan kedua yang penting hadir.

Lanjutnya, ditempat inilah ( Pengadilan) kita menyampaikan alasan-alasan atau kenapa anda digugat, penggugat juga akan melakukan dari sisi tahapan-tahapan. Ada tahapan yang namanya mediasi, tahapan mediasi ini apakah tergugat mau mengaku kejujurannya atau tidak, betul ada pinjam uang atau tidak.

Pada tahapan mediasi berikutnya bisa juga mereka berdua sepakat berdamai, bisa juga salah satu pihak tidak mau berdamai maka perkaranya dilanjutkan, kemudian jika berdua tidak mau berdamai maka perkara dilanjutkan, nanti pada tingkat sidang paripurna majelis, tergugat silahkan memberikan tanggapan, apakah benar pinjam atau tidak ?, kemudian yang pinjam Amon atau tidak ?, Kemudian ada tahapan yang namanya replik, duplik, pengajuan bukti-bukti, hakim akan menentukan benar ada pinjam uang atau tidak.

Ditanya soal besaran pinjaman pada materi gugatan, ia menyebut besaran pinjaman pada materi gugatan yaitu sebesar empat ratus juta rupiah.

” bagi pak sunny inti dari perkara ini membutuhkan sebuah kepastian dan kejujuran, karena kemarin dua pihak yang sepakat bukan pengadilan yang bawa dalam kesepakatan “, ucap Maure.

Marthen Maure, SH menambahkan, sidang pertama ini adalah mediasi dan berikutnya juga mediasi, mekanismenya nanti pada sidang berikut jika Drs. Amon Djobo hadir atau kuasa hukumnya hadir maka sidang majelis akan menunjuk atau kesepakatan dua pihak untuk menunjuk salah satu hakim mediator.

Hakim mediator akan diberikan kewenangan oleh majelis untuk memimpin sidang mediasi didalam sidang mediasi akan ditanya kepada dua bela pihak apakah mau berdamai, kalau mau berdamai konsep berdamainya bagaimana, tetapi jika tidak mau berdamai maka dibuatkan berita acara.

Ketika dibuatkan berita acara sepakat berdamai atau tidak berdamai, prinsipal harus hadir itu wajib hukumnya, pak sunny kamengmau dan pak Drs. Amon Djobo harus hadir, itu bukan pengacara punya mau tetapi itu aturan hukum yang mengamanatkan demikian tanpa diwakili karena dalam penandatangan berita acara mediasi harus Pak Sunny Kamengmau dan Pak Drs. Amon Djobo.

Jika dalam mediasi tersebut ada kesepakatan berdamai maka dibuatkan kesepakatan, isi damainya seperti apa, kemudian hakim mediator akan serahkan kepada majelis, setelah itu majelis menetapkan kesepakatan damai melalui sebuah keputusan untuk mengikat dua pihak.

Tetapi apabila tidak ada kesepakatan damai maka dilanjutkan dengan pembacaan gugatan sampai dengan pengajuan kesimpulan barulah hakim mulai menilai mengadili dan memutuskan apakah ada pinjam benar atau tidak, apakah benar pinjam dengan angka 400 juta atau tidak, itu nanti hakim yang menentukan bukan dua pihak, karena hakim sebagai lembaga peradilan perlu kita hargai bersama, ” terang Maure.

Sidang perdata yang tidak dihadiri oleh Drs. Amon Djobo telah digelar siang tadi kamis 04/01/2018 dan akan dilanjutkan pada pekan depan kamis 11 Januari 2017. ( Dako)

  • Melkisedek Lema

    urus bae2 biar tidak ada halangan