Ahmad Maro : Penggunaan bahasa yang tidak beretika harus diberantas dari media sosial

Ahmad Maro : Penggunaan bahasa yang tidak beretika harus diberantas dari media sosial

 

Kalabahi, TEROPONG ALOR – Pagi ini, Senin 23 Oktober 2017, di halaman SMA Negeri 1 Kalabahi, dilaksanakan acara pembukaan memperingati Hari Sumpah Pemuda  dan Bulan Bahasa serta Implementasi Program Sekolah Rujukan, dengan Thema : Mengusung Kembali Budaya Tara Miti Tomi Nuku untuk semangat Nasionalisme dan Kebhinekaan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan SMA Negeri 1 Kalabahi ini diselenggarakan dari tanggal 23-25 Oktober 2017, yang diisi dengan kegiatan diskusi tindakan korupsi dan belajar anti korupsi yang melibatkan Tim Road Show Puisi Menolak Korupsi Ke 49 dan Komisi Pemberantasan Korupsi, ada juga kegiatan kelas menulis puisi dan kelas menulis cerpen.

Disaksikan media ini, Asisten 1 Sekda Alor, Ahmad Maro yang hadir mewakili Bupati Alor. Dalam sambutannya, Ahmad Maro menyampaikan bahwa prilaku korupsi bermula dari keinginan yang melebihi kebutuhan.

Sedangkan terkait bulan bahasa, Ahmad Maro menyampaikan, pengunaan bahasa yang menyinggung perasaan orang, bahasa yang tidak diajarkan agama dan penggunaan bahasa yang tidak beretika harus diberantas dari media sosial.

” yang Guru Bahasa Indonesia ajarkan di SD, SMP dan SMA itu beda dengan yang ditulis di media sosial. Misalkan kata kamu dan anda, tapi yang mereka gunakan di media sosial itu kata koi “, terang Ahmad Maro, Asisten 1 Sekda Alor yang memang memiliki ciri khas humoris dalam setiap sambutannya sehingga orang yang mendengar pasti merasa lucu dan tidak jenuh.

Menurut Ahmad Maro, melalui momentum bulan bahasa, perlu ada pencerahan melalui media sosial agar penulisan bahasa di media sosial dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Ia juga berharap kepada semua pihak yang biasa menulis di media sosial agar hati boleh panas tetapi pembahasannya itu harus baik.

” jadi kepada saudara-saudara saya yang biasa menulis di media sosial, tolonglah, hati boleh panas tapi membahasakan itu  kedengarannya enak “, harapnya.

Menariknya, Ahmad Maro menambahkan, ada beberapa tokoh Alor yang telah mensosialisasikan diri untuk maju dalam Pilkada 2018 mendatang. Yang mau memberikan dukungan silahkan saja. Dalam kegiatan politik itu harus mencontohi pertandingan tinju, sehabis pertandingan saling merangkul.

” boleh baku dukung, tetapi tidak boleh saling mencederai satu dengan yang lainnya ” tambahnya. (ito)

  • Abui Aremang

    salut dan dukung. orang Indonesia harus tahu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.