Ada Kidung Rohani Kristen di MTQ Alor

Ada Kidung Rohani Kristen di MTQ Alor

TA – Bakalang: Pagelaran MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) tingkat Kabupaten Alor di Desa Bakalang, Kecamatan Pantar Timur, 24 April– 2 Mei 2016 sungguh unik. Ada perpaduan yang harmonis antara pemeluk agama Islam dan Kristen pada pagelaran, Rabu (27/04) malam ini.

Di saat pembacaan ayat suci Al Quran oleh peserta MTQ tengah istirahat, ada paduan suara dari gereja naik ke panggung menyanyikan lagu rohani Kristen. Ini bukan paduan suara asal nyelonong, tapi bagian dari acara resmi MTQ yang sudah dijadwalkan.

Ketika paduan suara melantunkan kidung rohani Kristen, semua hadirin yang berjilbab dan berpeci mendengarkan dengan takzim. Tampak bahwa mereka menikmati alunan suara merdu paduan suara yang melafalkan kecintaan kepada Tuhan. Benar-benar pemandangan yang indah dari sudut pandang harmonisasi umat beragama.

Ketua Panitia Lokal MTQ Alor, Amran Olang juga beragama Kristen. Dan, hal ini sudah biasa bagi masyarakat Alor. Di acara-acara seremonial keagamaan Kristen pun umat Islam juga kerap jadi ketua, dan mengisi acara.

Menurut Amran, pendukung MTQ tingkat Kabupaten Alor ini sekitar 99 persen warga Kristen. Didukung oleh 22 gereja dan 7 masjid di Pantar Timur. “Mereka patungan menyumbang Rp 80 juta untuk pagelaran acara ini,” katanya.

Sungguh, kerukunan antar umat beragama yang tak ada duanya di Indonesia. (LDJ)

  • Arnold Bastian

    Waow….sumpah sy smp merinding dan berkaca2,stelah selesai baca berita ini.nuansa kebersamaan ini hampir tidak pernah sy rasakan ditanah jawa ini.makin besar skali kerinduan untuk kembali menapaki tanah Timor tercinta..smoga keberagaman budaya dan hidup bertoleransi ditanah Timor kita ini bisa terus terjaga sampai akir hayat,dan sekiranya dapat jg menjadi contoh dan cermin bagi bangsa kita dan bahkan dunia..

  • Fredrik Doeka

    Untuk generasi Alor-Pantar yang berkualitas, baik juga gereja dan mesjid patungan sekolahkan anak-anak di sekolah-sekolah bermutu di dalam dan luar negeri agar mereka meneruskan ide kerukunan ini. Salute untuk semua yang berkehendak baik menciptakan Alor-Pantar sebagai lab kerukunan dan perdamaian Indonesia.